Thursday 11 April 2013

25 Sahabat-Sahabat Utama Rasulullah SAW


Menurut ta’rif (definisi) Jumhur al-Muhadditsin, artinya Orang-orang yang bertemu dengan Rasulullah saw, dengan pertemuan yang wajar (antara lain bukan pertemuan melalui mimpi   dll.     pen), sewaktu Rasulullah saw masih hidup, dalam keadaan Islam dan Iman (Drs. Fatchur Rahman dlm Ikhtisar Musthalah al-Hadits)
Ilmu dan keadaan sahabat-sahabat berbeda-beda, ada yang hafal Al-Qur’an, ahli dalam hal halal dan haram, ahli dalam makna-makna yang tersirat dalam Al-Qur’an, ikut dalam semua peperangan, banyak menghafal dan meriwayatkan hadis, rapat bergaul dengan Rasulullah saw, dan ada pula yang digembirakan dengan jaminan masuk sorga.
Semua sahabat adalah orang yang adil dalam meriwayatkan hadis.
Sahabat yang paling utama adalah Al-Khulafa Ar-Rasyidin yang empat.
Sepuluh orang sahabat yang digembirakan dengan jaminan masuk sorga,
  1.  Abu Bakar Ash-Shiddig  6.  Zubair bin Awwam
  2.  Umar bin Khaththab  7.  Sa’ad bin Abi Waqqas
  3.  Usman bin Affan  8.  Abdurrahman bin Auf
  4.  Ali bin Abi Thalib  9.  Abu Ubaidah bin Jarrah
  5.  Thalhah bin Ubaidillah  10. Sa’id bin Zaid
 
Thalhah bin Ubaidillah.Ra
Masuk Islam ketika berusia 16 tahun, termasuk pemuda yang berjuang membela agama. Beliau hijrah ke Madidah bersama kaum Muhajirin lainnya.
Thalhah bin Ubaidillah termasuk orang yang kaya raya, dan kekayaannya Beliau gunakan untuk kepentingan Islam, jadi Beliau adalah Hartawan dan Dermawan.
Diberi tiga gelar oleh Nabi SAW,
pertama  :   Thalhah Al-Fayyadl (orang yg suka membelanjakan kekayaannya untuk        masyarakat.
Kedua  :   Thalhah Al-Khair (artinya orang yg suka dan senang berbuat baik)
Ketiga  :  Thalhah Al-Jud” (orang yang dermawan)
Keteladanan dan nasehat  Beliau bukan merupakan wejangan, tetapi kepribadian Beliau yang antara lain :
1. Setiap selesai melakukan perang sabil bersama Rasulullah saw, Beliau kembali berdagang    mencari kekayaan untuk kepentingan agama, tanpa perasaan khawatir sedikitpun,   seberapapun harta yang telah beliau belanjakan untuk kepentingan agama, Allah   senantiasa melipat gandakan hartanya.
2. Pada suatu waktu, setelah menjual tanahnya dengan harga tinggi, Beliau keliling kerumah-  rumah untuk mencari kawan-kawan guna membagi hasil penjualan tanah sampai habis, hal   ini Beliau lakukan sampai tengah malam sebab beliau tidak ingin jika harta tersebut   sempat bermalam dirumahnya.
 
3. Seorang sahabat lain yaitu Zabir bin Abdullah Ra berkata : Aku belum pernah melihat   seorangpun yang memberikan kekayaannya sangat banyak kepada orang lain tanpa diminta,   kecuali Thalhah bin Ubaidillah”. Berkata pula Said bin Zaid  Aku telah bertemu dengan   Thalhah bin Ubaidillah, baik dalam suatu negeri maupun dalam perjalanan. Aku belum   pernah menemukan orang yang kedermawanannya tentang dirham, pakaian dan makanan   melebihi dari pada Thalhah ini.
4  Beliau senang dan suka berbuat ihsan dan berbakti kepada famili dan kerabat. Bila ada   janda Beliau nikahkan dan bila ada yang berhutang Beliau lunaskan.
Thalhah bin Ubaidillah RA termasyur sebagai orang yang benar-benar bersyukur kepada Allah Ta’ala atas limpahan kekayaan kepada Beliau. Bahkan bukan hanya harta, tetapi juga jiwa raga Beliau pertaruhkan demi menegakkan Agama Islam. Beliau turut dalam setiap pertempuran bersama Rasulullah SAW, dan dalam perang  Uhud Beliau mati-matian membela dan melindungi Nabi hingga tangan kiri Beliau cacat tak bisa dipergunakan lagi.
Beliau gugur dizaman perang Jamal, lutut beliau ditembus panah yang dilepaskan oleh Marwan bin Hakam sehingga darah terus mengalir, hingga Beliau gugur sebagai syahiddin yang mendapat sorga yang penuh kenikmatan. Dan ini sesuai sabda Rasulullah SAW “Dan Thalhah di dalam sorga”.
Beliau wafat pada tahun 36 H dalam usia 52 tahun.

Zubair bin Awwan
Namanya Zubair bin Awwan Al-Qureisy. Bapaknya Awwam adalah saudara Khadijah binti Khuwailid istri pertama Rasulullah saw. Istri beliau Asma adalah anak Abu Bakar Ashshiddiq Ra. Jadi beliau adalah menantu Abu Bakar.
Beliau termasuk Assabiqunal Awwalin (orang-orang yang terdahulu masuk Islam).
Sebagai golongan Muhajirin yaitu ketika berada di Quba, pasangan Zubair dan Asma ini melahirkan anak, ini sebagai anak pertama yang lahir dari golongan Muhajirin dan disambut gembira oleh segenap kaum Muslimin saat itu, sebab sebelum itu orang Yahudi mengatakan Kaum Muhajirin telah kami sihir dan mereka tidak akan mendapatkan keturunan lagi”.
Zubair bin Awwan adalah orang yang kuat dan taat beribadah, siangnya beliau berpuasa dan malamnya bangun untuk shalat. Selain ahli ibadah, Beliau juga orang yang pemberani, antara lain
1. Dalam perang Badar Beliau bersama Ali bin Abi Thalib dan Sa’ad bin Abi Waqqas diangkat           oleh Rasulullah saw sebagai badan penyelidik, sehingga tentara Islam mendapat kemenangan   gilang gemilang.
2.  Ikut dalam perang Uhud dengan gagah berani.
3. Dalam perang Ahzab, ketika kaum musyrikin ditimpa siksaan angin topan, petir dan hililintar,   Beliau lah orang yang berani menyelidiki keadaan orang-orang musyrikin.
Ketika diangkat sebagai panitia 6 sepeninggal Khalifah Umar, Beliaulah orang yang pertama menyatakan tidak bersedia diangkat jadi Khalifah (tidak berambisi dlm pemerintahan).
Beliau gugur pada perang Jamal, dibunuh ketika sedang shalat pada th 36 H dalam umur 64 tahun dan beliau termasuk Mubasysyirina bil jannati (yg digembirakan dengan masuk surga)
Sa’ad bin Abi Waqqas masuk Islam pada usia muda,  Beliau adalah seorang anak yang amat taat kepada ibunya yang bernama Hamnah. Dirawatnya ibunya setiap pagi dan sore. Diwaktu ibunya mau makan, mandi dn tidur, diurusnya dengan penuh khidmat dan penuh rasa kasih sayang.
Ketika Sa’ad menyatakan masuk Islam, ibunya sangat marah dan bersumpah tidak mau makan, minum dan tidur jika Sa’at tidak mau meninggalkan agama yang baru dan kembali kepada kepercayaan yang lama. Dalam hal ini Sa’at menjawab dengan tegas Tidak ibu, bukan begitu. Bagaimanapun ananda tidak akan meninggalkan agama yang baru itu hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW Jangan taat kepada makhluk dalam hal durhaka kepada Allah”.
Ketika datang perintah untuk hijrah, maka tanpa ragu-ragu ditinggalkannya kampung halaman beserta seluruh kesenangan dan harta kekayaannya.
Dalam perang Badar, ketika Beliau ditugaskan untuk menjadi penyelidik bersama Ali bin Abi Thalib dan Zubair, ditangkapnya dua orang tentara kafir yang sedang mengambil air, lalu diserahkan kepada Rasul untuk memperoleh keterangan tentang kekuatan musuh.
Dalam perang Uhud, Beliau bersama sahabat-sahabat yang lain mati-matian membela Rasulullah SAW, walaupun tubuhnya luka-luka, tapi Beliau puas karena Rasul selamat.
Ikut dalam perang  Hamra Al-Asad selama tiga hari tiga malam yang langsung dipimpin oleh Rasulullah SAW. Penderitaan sangatlah hebatnya waktu itu, namun karena kuatnya iman, semua tetap taat dan patuh walaupun menderita luka-luka dan kepayahan.
 Abdurrahman bin Auf
Pada perang Khandaq, khandaq artinya parit. Dalam pembuatan parit, kaum Muslimin dalam keadaan penderitaan yang berat, karena bertepan dengan musin dingin. Nabi SAW setiap malam selalu waspada ditempat itu. Pada suatu malam beliau bersabda Baik sekali jika ada orang shalih menggantikan aku berjaga-jaga  kemudian datanglah Sa’ad, Nabi bertanya Siapa itu ?” Jawab Sa’ad Sa’ad bin Abi Waqqas. Aku datang untuk melindungi engkau ya Rasulullah  untuk itu Sa’ad mendapat gelar orang Shalih.
Setelah wafatnya Rasulullah SAW, Sa’ad ikut membai’at khlaifah Abu Bakar Ash-Shidiq Ra. Dan dijaman Khalifah Umar, Sa’ad dikirim untuk mengembangkan Islam di Syam.
Pada jaman khalifah Usman, Sa’ad diangkat jadi walikota Kufah. Setelah wafatnya Khalifah Usman, ketika Sa’ad mulai melihat adanya titik-titik perpecahan diantara para sahabat, maka Beliau meninggalkan dunia politik dan membeli sebidang tanah kosong dan membawa keluarganya mengisolir diri untuk beribadah. Disitulah beliau beribadah dengan tekun hingga wafatnya pada usia 80 tahun. Rasulullah SAW pernah bersabda Sa’ad bin Waqqas berada dalam surga Diantara pribadi beliau yang menonjol :
1.  Orang pertama yang melepaskan panah dan orang pertama pula yang terkena panah dalam   peperangan.
2.  Rasulullah menjamin Beliau masuk surga
3.  Do’anya tentang apa saja dikabulkan Allah
4.  Tetap menjaga makanan yang halal
5.  Sangat taat kepada orang tua
6.  Giat dan tekun beibadah

Beliau lahir di Mekkah dari suku Quraisy, masuk Islam sesudah Abu Bakar Ra. Bersama-sama dengan Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqqas dan Thalhah bin Ubaidillah.
Beliau senantiasa mendampingi Nabi disetiap peperangan. Dalam berbagai peperangan Beliau banyak mendapat luka-luka, namun Beliau tidak wafat.
Tempat meminta pendapat
Para sahabat sering minta pendapat dan buah pikiran beliau, termasuk Khalifah Abu Bakar, ketika sedang sakit. Abu Bakar minta pendapat tentang siapa yang akan menggantikannya sebagai khalifah. Demikian pula khalifah Umar sangat senang meminta pendapat Beliau.Hingga ketika suatu subuh ketika khalifah Umar ditikam oleh Abu Lu’luah, maka majulah Abdurahman bin Auf untuk meneruskan shalat hingga selesai.
Sebagai panitia enam pada musyawarah pemilihan para khalifah, maka Abdurrahman bin Auf lah yang banyak berperan, sementara anggota yang lain lebih banyak menyerahkan urusan kepada Beliau. Dalam setiap musyawarah beliau selalu hati-hati dan teliti, sehingga setiap keputusan selalu diterima oleh para sahabat tanpa mengundang kericuhan.
Seorang dermawan
Abdurrahman bin Auf mempunyai harta kekayaan yang melimpah, beliau adalah seorang pedagang besar. Harta dan kekayaannya beliau belanjakan dijalan Allah, antara lain
Menyumbangkan setengah dari seluruh kekayaan beliau
Menyumbang 40.000 dinar, pada kali yang lain 500 dinar dan 500 ekor kuda.
Memerdekakan 30.000 budak, dan pernah pula menyumbang 1000 ekor kuda.
 
Kahalusan Budi
Abdurrahman bin Auf memiliki berbagai keutamaan, sebagai berikut :
Zuhud
Pada masa jahiliyah tidak pernah minum arak
Sejak masuk Islam, beliau dan istrinya tidak pernah merasa kenyang walaupun kaya.
Tak pernah makan roti halus yang enak-enak
Tak pernah sombong
Tidak mengejar pangkat dan kedudukan
Mencari harta yang melimpah ruah bukan karena loba dan ingin bermegah-megah,   melainkan untuk beribadah mengharap ridho Allah Ta’ala.
 
Abu Ubaidah RA
Beliau wafat di Madinah pada masa khalifah Usman, pada usia 75 tahun dan dimakamkan di Baqi. Dan beliau termasuk salah seorang yang digembirakan dengan jaminan Jannatun na’im.
Ucapan beliau yang perlu kita ingat :
Aku sangat khawatir kalau-kalau aku ini termasuk orang yang dicepatkan mendapat kebaikan di dunia, tapi tertahan dan tak dapat menyusul teman-temanku di akherat, disebabkan kekayaanku yang berlimpah ini
Namanya Amir bin Abdillah bin Al-Jarrah. Nama panggilannya Abu Ubaidah, lahir 26 tahun sebelum Nabi diangkat menjadi Rasul.
Masuk Islam ketika masih muda dan termasuk orang-orang terdahulu yang masuk Islam. Teguh Islamnya, kuat imannya, tinggi keikhlasannya dan termasuk tokoh Islam yang bersemangat baja.
Setia kepada nabi SAW.
Karena sangat setianya kepada Nabi SAW, Abu Ubaidah termasuk sangat dibenci oleh kaum kafir Quraisy, beliau terus diganggu, dicaci, dihina dan disiksa.
Keagungan pribadinya.
Dalam perang Dzatussalasil yang dipimpin oleh Amr bin Ash, Rasulullah SAW mengutus Abu Ubaidah memimpin tentara Muhajirin untuk bergabung dengan tentara pimpinan Amr bin Ash. Ketika kedua rombongan bersatu, hampir-hampir terjadi perpecahan karena rombongan tentara yang dipimpin oleh Abu Ubaidah merasa bahwa pimpinannya adalah Abu Ubaidah, sehingga tidak mau diperintah oleh Amr bin Ash, dalam situasi demikian, majulah Abu Ubaidah dan berkata Bukankah Nabi SAW bersabda Bila nanti sampai kepada Amr jadilah sukarelawan. Kalau engkau durhaka kepadaku, aku bersedia tunduk kepadamu
Demikian pula ketika terjadi peperangan untuk mengalahkan Syam, oleh Khalifah Abu Bakar Ra, telah ditunjuk Abu Ubaidah sebagai panglima menggantikan Khalid bin Walid. Pada saat itu Khalid bin Walid sedang memimpin pasukan dan terus saja melakukan serangan dan siasat sehingga musuh benar-benar dapat dipukul mundur, dengan bekerja sama saling bahu membahu akhirnya dicapai kemenangan yang gilang gemilang.
Setelah itu dilakukan perjanjian damai yang ditandatangani oleh Khalid bin Walid sedang Abu Ubaidah hanya sebagai saksi, padahal pada saat itu beliau telah lama mengantongi SK Panglima menggantikan Khalid bin Walid. Karena keagungan budinya beliau tidak mentang-mentang memiliki wewenang lalu langsung mencopot dan melakukan serah-terima, beliau malah melakukan kerja sama lebih dahulu. Setelah semua berjalan lancar, barulah beliau memberitahukan kepada Khalid bin Walid dengan rasa persaudaraan dan kesopanan yang tinggi, seperti pepatah Menghela benang dalam tepung, benang keluar dengan selamat dan tepung tidak berserakan
Dalam memegang jabatan, beliau tidak hidup bermewah-mewah, beliau tetap sederhana, malah banyak membantu kaum duafa yang membutuhkan.
Ketika Khalifah Umar bin Khatab Ra. Berkunjung kerumahnya, beliau menganjurkan agar membeli perabot rumah, dijawab Perkakas yang ada saja cukup mengantarkanku ketempat peristirahatan terakhir (mati) “
Beliau wafat pada usia muda 41 tahun dimakamkan di Syam. Beliau adalah salah seorang sahabat yang digembirakan dengan jaminan surga.
Butir-butir Mutiara Hikmah Abu Ubaidah
Ketahuilah berapa banyak orang yang putih pakaiannya, tetapi kotor agamanya, dan berapa banyak orang yang merasa mulia hari ini tapi terhina dan tersia-sia pada hari esok.” (sepuluh Sahabat Rasulullah Saw turut merobah Sejarah Dunia oleh K.H.M. Ali Usman)
Kebinasaan ialah berbuat dosa, kemudian tidak berbuat kebajikan sesudahnya hingga ia binasa.”
Butir-butir Mutiara Hikmah Abu Ubaidah
Jika engkau menyukai agar dirimu tidak terkenal diantara manusia, maka engkau akan mendapat kedudukan yang tinggi dari Allah Ta’ala (kitab Minhajul Abidin)
Ingin aku menjadi seekor biri-biri yang dimiliki oleh ahliku, sehingga dikoyak-koyak dagingku dan gulaiku dicicipi. Hendaknya aku ini tidak diciptakan saja.”
Sa’id Bin Zaid Abdul A’awar adalah sahabat termasuk Assabiqunal Awwalin, dan termasuk salah satu dari sepuluh sahabat yang digembirakan dengan jaminan surga. Istrinya Fatimah binti Khathab adalah saudara perempuan Umar bin Khathab.
Beliau hidup dijaman Nabi, mengikuti semua gerak perjuangan Nabi, kecuali perang Badar.
Sifat beliau yang paling menonjol adalah berani mengatakan yang haq (benar) didepan siapapun juga dan tidak pula takut kepada celaan dan siksaan.
Dan orang-orang yang terdahulu lagi yg pertama-tama (masuk Islam) diantara orang-orang Muhajirin dan Anshar, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah Ridha kepada mereka dan mereka Ridha kepada Allah, maka Allah menyediakan bagi mereka surga yg mengalir sungai-sungai dibawahnya, mereka kekal selama-lamanya didalamnya, itulah kemenangan yg besar. (QS. At-Taubah :100)
Ya Allah jadikanlah kami hamba-Mu yang senantiasa ingat untuk berzikir mengagungkan Asma-Mu,
 jadikanlah kami hamba-Mu yang senantiasa bersyukur atas nikmat-Mu, jadikanlah kami hamba-Mu yang senantiasa berusaha membaguskan ibadahkami kepada-Mu
 Hidupkanlah hati kami dengan tawakal dan tauhid kepada-Mu, serta selamatkan dan lindungilah kami dari siksa api neraka.

 
 
 




No comments:

Post a Comment