Thursday 11 April 2013

Perintah Sujud Buat Malaikat, Kenapa Iblis yang Dihukum?


Rabu, 22 Agu 07 05:49 WIB

Kirim teman

Assalamualaikum..

Pak ustadz yang dirahmati Allah, langsung saja kepertanyaannya, saya tidak mengerti maksud dari ayat ini:

[7:11] Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat, "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud.

Malaikat di perintahkan oleh Allah untuk bersujud pada Adam, apakah Iblis termasukyangdiperintahkan bersujud pada Adam, sebab pada terjemahan ayat ini hanya Malaikat lahyangdiperintahkan oleh Allah untuk bersujud..

Saya tahu dalam kalimat asli (bahasa Arab) dari ayat ini bisa menjawab pertanyaan, tapi karena tidak menguasai bahasa Arab jadi saya harap pak ustadz bisa menjelaskan berdasarkan bahasa Arab nya..

Untuk pertanyaan nya saya ucapkan terima kasih..

Wassalamualaikum..

F_am
Jawaban

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Untuk mengetahui makna lebih dalam suatu ayat, selain menguasai bahasa arab, penting juga bagi kita untuk membuka kitab tafsir. Karena di dalam kitab-kitab tafsir, para ulama sepanjang 14 abad telah menulis berbagai penafsiran dan penjelasan yang nyaris kita jarang membacanya. Lantaran kitab-kitab tafsir itu umumnya masih berbahasa arab.

Sementara yang dibaca oleh kebanyak umat Islam di Indonesia sebatas terjemahan Al-Quran, sama sekali tidak mencukupi untuk bisa mengenal lebih dalam tiap maksud dan pengertian dari ayat-ayat Al-Quran.

Mari kita buka satu kitab tafsir, misalnya Tafsir Al-Qurthubi yang ditulis oleh ulama besar dari Qurthubah, Spanyol. Kitab ini menarik karena cukup luas membahas ayat-ayat Al-Quran serta menjelaskan banyak hukum-hukum yang terkandung di dalamnya.

Di sana disebutkan bahwa jumhur ulama berpendapat bahwa Iblis termasuk yang diwajibkan untuk bersujud, karena saat itu Iblis masih termasuk ke dalam kategori malaikat.

Simak bin Harb meriwayatkan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, "Iblis dulunya adalah bagian dari malaikat, namun ketika dia bermaksiat Allah SWT marah kepadanya. Lalu Allah melaknatnya hingga menjadi syetan."

Masih menurut Ibnu Abbas ra, Iblis itu dahulu adalah malaikat yang bernama Azazil. Azazil termasuk senior malaikat. Dalam riwayat yang lain, namanya Al-Harits. Nama Azazil adalah nama dalam bahasa Ibrani dan Al-Harits adalah nama dalam Arab.

Sedangkan menurut Al-Mawardi yangmenceritakan dari Qatadah, "Iblis itu awalnya jenis yang paling afdhal dari jenis-jenis malaikat. Namanya Al-Jinnah"

Said bin Jubair berkata bahwa jin adalah bagian dari malaikat, tetapi dari jenis yang diciptakan dari api, dan iblis termasuk bagian ini. Sedangkan keseluruhan malaikat terbuat dari cahaya.

Ibu Zaid, Hasan dan Qatadah berkata bahwa Iblis adalah ayah dari bangsa jin, sebagaimana Adam adalah ayah dari bangsa manusia.

Jadi dari satu kitab ini saja kita bisa tahu bahwa Iblis termasuk pihak yang diperintahkan untuk bersujud kepada Adam alaihissalam. Dan ketika Iblis membangkang, Allah SWT pun melaknatnya dan memasukkannya ke dalam neraka.

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

No comments:

Post a Comment