Tuesday 9 April 2013

Apakah Wanita Saleha Hanya untuk Pria Sholeh?


Jumat, 16 Mar 07 17:15 WIB
Kirim Pertanyaan | Kirim teman

Asalamualaikum Ibu Anita.

Saya pria berusaia 30 tahun, dalam hal pemahaman mengenai agama, saya akui saya masih sangat kurang.

Beberapa bulan ini saya bertemu dengan seorang gadis berkerudung yang saya nilai sangat baik dalam segala hal, dari segi agama, ahlak dan sebagainya, pada awalnya kami cukup, pada saat saya utarakan apa maksud sayauntuk mendekati Miss L, dia menolak secara halus dengan berbagai pertimbangan, berkali kali saya mencoba meyakinkan dia, namun dengan hasil yang sama, dan sampai sekarang saya masih tetap berharap.

Entah kenapa sekarang ini saya menjadi sangat terobsesi untuk mendapat gadis berkerudung meski saya akui saya tidak berani untuk mendekati gadis berkerudung ini.

Pertanyaannya: apakah wanita saleha hanya untuk laki laki soleh saja? Terima kasih.

Wassalam,

Lsm
Jawaban

Assalammua’laikum wr. wb.

Saudara Lsm yang dimuliakan Allah,

Nampaknya anda merasa tidak percaya diri untuk mendekati gadis berkerudung. Padahal hak setiap muslim untuk mencari wanita sholeha, jadi sangat wajar jika anda mengharapkan untuk mendapatkan pasangan wanita yang baik agamanya. Bahkan merupakan hal yang baik jika salah satu kriteria anda adalah seorang wanita yang sudah menjalankan salah satu perintah Allah yaitu menutup auratnya dengan berkerudung.

Selain itu memang menjadi hak anak anda kelak untuk mendapatkan ibu seorang wanita sholehah, sehingga menjadi kewajiban bagi seorang muslim dan muslimah untuk mencari pasangan yang baik bagi perkembangan buah hatinya nanti. Jika anda bertanya apakah seorang wanita sholeha memang untuk lelaki sholeh maka memang begitulah Allah menjanjikan. Namun kesholehan itu sesuatu yang berproses dan bisa berubah tergantung dari setiap pribadi dalam menjalani rentang kehidupannya.

Banyak sedikitnya pemahaman seseorang dalam agama menurut saya bukan menjadi tolak ukur kesholehan, namun bagaimana seseorang mempraktekkan dengan benar apa yang dipahaminya sesuai dengan perintah Allah dan teladan Rasul-Nya. Masalah pemahaman agama adalah sesuatu yang dapat terus diusahakan dan menjadi kebutuhan seseorang yang ingin bertindak benar dalam agamanya.

Jadi saran saya, jangan putus asa untuk berusaha mendapatkan wanita sholeha meski ilmu agama belum banyak. Contohnya adalah ketika ada salah seorang wanita muslimah di zaman Rasul yang hendak dilamar seorang lelaki yang belum beragama Islam, wanita sholeha tersebut setuju namun maharnya adalah keIslaman lelaki itu dan akhirnya merekapun menikah. Artinya pemahaman agama yang dimiliki saat ini bukanlah penghalang selama lelaki itu terus berusaha memperbaiki diri dan agamanya maka seiring dengan itu maka Allah juga akan memudahkan baginya mendapatkan wanita sholeha yang akan mendukung perbaikan dirinya.

Jika wanita yang sekarang belum berkenan, maka insya Allah jika anda niatkan pernikahan itu karena Allah dan untuk perbaikan agama anda maka yakinlah Allah akan datangkan wanita sholehah yang sesuai harapan anda. Optimis dan yakin serta terus perdalam wawasan keagamaan anda, bukankah Allah sebagaimana prasangka hamba-Nya kepada-Nya? Wallahu’ambishshawab.

Wassalammu’alaikum wr. wb.

Rr Anita W.

No comments:

Post a Comment