Wednesday 10 April 2013

Kiat Bisa Shalat Malam



Rabu, 29/07/2009 15:58 WIB
Aswb. Bagaiman carannya agar kita mudah melakukan sholat malam. kadang-kadang yang saya rasakan suka malas. Mungkin ustadz punya kiat-kiat yang dapat membuat semangat untuk melakukan sholat malam. terima kasih
Nur Komariah


Waalaikumussalam Wr Wb
Saudara Nur Komariah yang dimuliakan Allah
Didalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi disebutkan bahwa Nabi saw bersabda,”Hendaklah kalian menunaikan shalat malam, karena ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri dengan Tuhan kalian, mendapatkan ampunan atas kesalahan-kesalahan dan penghapusan dosa-dosa.”
Hasan al Bashri pernah mengatakan bahwa tidak ada suatu ibadah yang aku dapati lebih berat daripada shalat di penghujung malam. Dia ditanya,”Mengapa orang-orang yang sering menunaikan shalat malam adalah orang yang paling baik wajahnya?” dia menjawab,”Karena mereka adalah orang-orang yang berkhalwat dengan Yang Maha Pengasih lalu Dia swt memakaikan mereka cahaya-Nya.’
Diantara sebab-sebab yang dapat memudahkan seseorang mengerjakan shalat malam adalah :
Sebab-sebab lahiriyah :
1. Hendaklah tidak terlalu banyak makan; sebagian ulama mengatakan kepada murid-muridnya,”Wahai murid-muridku janganlah banyak makan karena hal itu akan menjadikan kalian banyak minum dan tidur sehingga kalian akan mendapatkan kerugian yang banyak.”
2. Menjaga diri agar tidak terlalu lelah pada saat siang harinya diakarekan beban-beban pekerjaan.
3. Tidak meninggalkan sedikit tidur siang karena hal ini dapat membantunya untuk bangun pada malam hari.
4. Menjauhi berbagai dosa. Ats Tsauri mengatakan,”Aku terhalang melakukan shalat malam selama lima bulan dikarenakan dosa yang aku perbuat.”
Adapun sebab-sebab batiniyah :
1. Memiliki kebersihan hati terhadap kaum muslimin, membersihkannya dari berbagai bid’ah serta berpaling dari berbagai perbuatan dunia yang tidak bermanfaat.
2. Didominasi oleh rasa takut kepada Allah karena hal ini akan menjadikan hati tidak panjang angan-angan.
3. Mengetahui keutamaan-keutamaan dari shalat malam.
4. Mencintai Allah swt dan kekuatan keimanan. Karena dengan dia bangun pada malam hari untuk bermunajat kepada Tuhannya maka dia akan merasakan kehadiran-Nya dan seolah-olah menyaksikan-Nya sehingga munajat tersebut menjadikannya betah untuk berlama-lama dalam shalat malamnya.
Abu Sulaiman mengatakan,”Orang-orang yang biasa menunaikan shalat malam maka ia mendapatkan malam hari mereka adalah saat yang paling lezat daripada (kelezatan) yang didapat orang-orang senang bermain-main didalam permainan mereka. Dan sesungguhnya kalau lah bukan karena malam hari maka aku tidaklah suka hidup di dunia.” (Mukhtashar Minahjil Qosidin hal 60 – 61)
Wallahu A’lam

No comments:

Post a Comment